TENTANG KEHIDUPAN

Ini bukan tentang mengisi waktu atau menghabiskan waktu
tapi tentang bagaimana memanfaatkan waktu
Ini bukan tentang mencari dan menemukan kebahagiaan
tapi tentang perjuangan dan pengorbanan
Ini bukan tentang mencari dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya
tapi tentang memberi sebanyak-banykanya

Kekeliruan memahami arti kehidupan

akan semakin mendapatkan banyak kekecewaan

Kita terlahir tak punya apa-apa

dan kembali tak membawa apa-apa
Dunia hanya tempat singgah sementara
menuju tempat yang kekal selamanya

NIATKAN SETIAP GERAK LANGKAH

SEBAGAI PENGABDIAN KEPADA ALLAH AZZA WAJALLA
SEMOGA MENJADI BEKAL YANG BISA KITA BAWA
SEBAGAI SAKSI DIHARI PENGADILAN NANTI


"Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32)

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui." (Surah Al-Ankabut ayat 64)

"Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu." (Surah Muhammad ayat 36)

Makna hidup menurut Al Quran.
1. Hidup adalah Ibadah
Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman : “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS Adz Dzaariyaat:56)
2. Hidup Adalah Ujian.
”(ALLAH) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS Al Mulk : 2) 
“dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah- buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.” (QS Al Baqarah :155-156) 
3. Kehidupan di Akhirat Lebih Baik dibanding di Dunia.
“dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita- wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang- binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah- lah tempat kembali yang baik (surga).“ (QS Ali ‘Imran :14) 
“dan sesungguhnya hari kemudian (akhirat) itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).” (QS Adh Dhuha :4) : 
4.Hidup Adalah Sementara.
“Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.“ (QS Al Mu’min :39) 
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar- benarnya) dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.“ (QS Al Anbiyaa :35)

Agar Hidup Lebih Bermakna Setelah kita memahami makna hidup, maka langkah selanjutnya ialah menyelaraskan hidup dengan makna hidup tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJADI RESELLER/BERDAGANG ALA RASULULLAH

TRAVELING DALAM PERSPEKTIF ISLAM

KEUTAMAAN SALAT JUMAT